IMG_20171228_142135

Sumenep Promosikan Visit 2018 Lewat Lomba Cerpen Se Nusantara

By: redaksi

NadaFM.Com, Sumenep- Ada banyak cara yang dilakukan pemkab untuk meningkatkan minat baca buku di masyarakat terutama di bidang sastra. Salah satunya adalah seperti yang dilakukan oleh perpustakaan setempat, yakni mengadakan Lomba Cerpen Nusantara. Kamis 28 Desember 2017.

Bupati Sumenep Busyro Karim dalam sambutanya mengaku bangga, karena peserta lomba cerpen nusantara tahun ini mencapai 521 peserta dari 81 kabupaten/kota di Indonesia, sehingga kedepan, kegiatan seperti ini bisa dimassifkan kembali. Sebab selain menjadi gerakan literasi sastra juga membantu promosi kabupaten Sumenep ke berbagai daerah di nusantara.

“Saya sangat mengaparesiasi, bgaus, dan ini terus dikembangkan apalagi peserta cerpennya se Indonesia,” paparanya.

Menurutnya, hingga detik ini, masih banyak orang meremehkan sastra dan menilai sesuatu yang tidak penting dalam pembangunan, padahal karya sastra penting dalam perubahan sosial, serta bukan hanya menghibur, tetapi juga mengajarkan sesuatu.

Kata Bupati, dalam sastra sebenarnya mengandung kekuatan ide, motivasi, nilai moral dan kritik social. Sumenep memiliki bakat luar biasa melahirkan karya-karya sastra terbaik, sehingga diharapkan melalui lomba cerpen nusantara bisa merangsang kaum muda untuk lebih dekat dengan sastra, serta melahirkan generasi baru sastrawan.

Sementara Kepala Dinas Perspustakaan Daerah dan Kearsipan Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya mengatakan, setelah dilakukan penilaian oleh tiga juri yaitu sastrawan Jogjakarta Joni Ariadinata, Sastrawan Sumenep Ibnu Hajar dan Vita Agustina, maka dipilihlah 10 nominator.

“Alhamdulillah jumlah pesertanya sampai lima ratus orang lebih, dan di ikuti oleh peserta se Nusantara,’’ tukasnya.

Juara pertama Rofiki Asral dengan judul cerpen Bakal tolos Bakal Burung, juara kedua Zainul Muttaqin dengan judul Penjung dan juara ketiga Wi Noya dengan judul cerpen Abhakalan Canting dan Alu. (dus)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Atas