pns-maros-absensi-elektronik

Absensi ‘on line’ Mulai diterapkan

By: redaksi

Sumenep (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep segera menerapkan absensi ‘on line’ di 15 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pada akhir Mei 2016.

“Sudah satu minggu ini kami uji coba absensi ‘on line’ di 15 SKPD yang mempunyai jaringan ‘fiber optic’,” kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Sumenep, Titik Suryati, Jumat (29/04/16).

Dalam masa uji coba tersebut, sempat terjadi beberapa kendala teknis, diantaranya persoalan jaringan, serta perbedaan spek ‘finger print’ (absesnsi sidik jari) yang digunakan di SKPD dengan di BKPP.

“Kami pada prinsipnya memanfaatkan alat yang sudah ada di beberapa SKPD. Karena beberapa SKPD memang sudah lama menerapkan absensi ‘finger print’. Ternyata perbedaan spek itu juga menjadi kendala, sehingga sulit terkoneksi langsung dengan BKPP. Tapi Alhamdulillah sekarang sudah teratasi,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pada tahun 2017, targetnya seluruh SKPD di Sumenep sudah menerapkan sistem absensi ‘on line’. Persiapan utama adalah ketersediaan perangkat ‘finger print’, komputer, dan monitor.

“Karena itu, semua SKPD tahun 2017 diminta menganggarkan perangkat untuk absensi ‘online’. Di Sumenep totalnya ada 61 SKPD,” terangnya.

Menurut Titik, dengan penerapan absensi ‘on line’ pihaknya akan lebih mudah melakukan pemantauan kinerja PNS di Sumenep. Karena seluruh data kehadiran PNS di tiap SKPD, akan terkoneksi langsung dengan BKPP.

“Di masing-masing SKPD ada operator untuk absensi ‘on line’. Biasanya Kasubbag Kepegawaian. Di BKPP sendiri ada di bidang data. Jadi tingkat kehadiran PNS bisa langsung masuk ke data kami secara ‘online’. Masa uji coba ini, tiap hari ada sekitar 10 ribu data ‘check clock’ PNS yang masuk ke BKPP,” ucapnya.

Berdasarkan data terakhir, jumlah PNS di Kabupaten Sumenep sebanyak 10.843 orang, tersebar di wilayah daratan dan kepulauan. (tem/kun)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Atas