Ali Dafir Kabag Pemdes Sumenep1

10 Desa Di Sumenep Segera Lakukan PAW Kades

By: redaksi

NadaFM.com, Sumenep – Sebanyak 10 dari 330 Desa di Kabupaten Sumenep akan segera melaksanakan pergantian antar waktu (PAW) kepala desa (Kades), karena kades definitif sedang berhalangan tetap.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes), Setkab Sumenep, Ali Dafir, mengatakan, 10 kades yang berhalangan tetap disebabkan karena kasus korupsi ada meninggal dunia, sehingga harus dilakukan PAW, berdasarkan Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, dan Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU Desa, Sabtu (30/7).

Menurutnya, saat ini pemerintahan di 10 desa dijabat oleh pejabat sementara (Pj) dan juga pelaksana tugas (Plt). Sesuai aturan, Pj maupun Plt dijabat oleh PNS, jika sekretaris desa (Sekdes) belum diangkat sebagai ASN maka diambilkan dari Kecamatan. Sehingga, mereka dinilai kurang maksimal, sehingga harus segera dilakukan PAW agar pelayanan ditingkat desa lebih maksimal.

Dafi menuturkan, pengganti kepala desa dilakukan dengan cara dipilih melalui musyawarah desa (Musdes) yang memenuhi persyaratan, sebagaimana dimaksud dalam pasal 33 dalam PP Nomor 43 tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU Desa. Sementara biaya pelaksanaan PAW ditanggung oleh Desa, sesuai dengan RAPB-Des.

Sepuluh 10 desa yang akan segera melaksanaan PAW, diantaranya, Desa Bunpenang, Kecamatan Dunkek, Desa Guluk Mancung Kecamatan Bluto, Desa Lobuk Kecamatan Bluto, Desa Basoka Kecamaan Rubaru, Desa Pakondang Kecamatan Rubaru, Desa Bukabu Kecamatan Ambunten, Desa Belluk Kenek Kecamatan Ambunten, Desa Batang-Batang Daya Kecamatan Batang-Batang, Desa Poreh Kecamatan Lenteng, dan Desa Brakas Kecamatan Raas.(fid)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali Atas